Rabu, 23 Januari 2008

ASP Tutorial : Introductions to ASP Programming

3 hari terakhir benar-benar hari yang melelahkan, ngga secara fisik tetapi cape pikiran, cape perasaan, hihi jadi seperti melodrama. Kerjaan ga karuan, Income juga ngikut ngga karuan, oughh jadi pengen pulkam ngambil cangkul dan bertani. well kembali ke kompie (New Tukul StyleƖ), sebenernya ide menulis step-by-step classic asp tutorial udah ada dari dulu, dan hari ini tiba-tiba terbersit keinginan untuk memulainya.

Sebenernya bingung memulai dari topik yang mana trus next stepnya apa, bla bla bla, setelah bersemedi tingkat tinggi sejenak (asli ngorok!) dapet wahyu dan melalui proses corat coret tercipta juga konsep sequensial dari topik-topik yang akan di posting nanti sehingga bener-bener berurutan dari mata turun ke hati (Red: Dari Topik dasar sampe advanced). untuk first step mungkin jelasin dulu ASP itu apa yah, untuk selanjutnya ASP disini berarti Classic ASP.. maklum lagi kere perlu pengiritan tingkat tinggi.

Apa Itu ASP

ASP kependekan dari Active Server Pages, adalah teknologi server scripting (close to PHP etc.) yang memungkinkan kita untuk membuat web dinamis dan interaktif. sejatinya halaman ASP adalah sekumpulan script yang dieksekusi, diproses di webserver (komputer remote/local dimana file-file ASP itu disimpan), dan kemudian hasil dari eksekusi tersebut baik berupa halaman HTML maupun format data lain yang diinginkan (XML, FLat Text etc.), baru dikirimkan ke browser client. Jadi Halaman ASP ini hanya bisa dieksekusi di sisi server dan hasilnya yang akan dilihat oleh user bukan script ASP itu sendiri (server-side scripting).

ASP idealnya berjalan di dalam mesin berplatform Microsoft, Internet Information Server (IIS) adalah web server bawaan Microsoft Windows dan distribusinya embeded di aplikasi OS windows, di dalam webserver inilah Script ASP bisa berjalan paling baik meskipun ada beberapa produk lain yang tersedia misalnya Chili!soft ASP, yang memungkinkan Script ASP ini berjalan di dalam webserver lai selain IIS/PWS dna menggunakan OS selain Windows termasuk, Linux, SOlaris etc.

Apa yang bisa kita lakukan dengan ASP?

Dengan ASP kita bisa melakukan banyak hal, dan menghasilkan apa yang kita mau seperti dengan server-side scripting yang lain, tentu saja masih dalam konteks pemrograman web. dengan ASP kita bisa membuat website dinamis dan interaktif dengan menggunakan media database, sehingga isi dari website kita selalu berubah sesuai dengan request yang dikirimkan oleh user. kita bisa membangun aplikasi web yang complete dengan script asp ini, mengupload file, mengirimkan email, menyimpan informasi ke file, dan yang paling umum adalah memakai script ASP untuk melakukan query ke database kemudian memformat hasil tersebut ke dalam format HTML,XML untuk di tampilkan ke browser client.

Bahasa pemrograman apa yang bisa dipakai di dalam halaman ASP

ASP sendiri merupakan bahasa pemrograman keluaran microsoft yang di support oleh Microsoft VBscript dan Microsoft Jscript (Javascript versi Microsoft). kemampuan dan sintax dari ASP sangat mirip dengan Microsoft Visual Basic yaitu aplikasi Scripting untuk desktop programming dan boleh dikatakan ASP ini adalah versi web/mini dari Microsoft Visual Basic yang khusus untuk membuat aplikasi web.

Kelanjutan Pengembangan ASP

ASP versi terakhir adalah ASP 3.0 dan saat ini miscrosoft sudah tidak melanjutkan lagi pengembangan ASP ini semenjak Microsoft mengeluarkan .NET, dan menurut microsoft .NET adalah the next generation of ASP, meskipun sebenarnya ASP dan .NET sangatlah berbeda, Tetapi meskipun begitu ASP tetap masih cukup layak untuk dijadikan core dari aplikasi web yang akan kita buat, baik dari segi kemampuan maupun security-nya.

So What is ASP?

ASP adalah server side scripting keluaran microsoft yang dapat kita gunakan untuk membangun aplikasi website dinamis dan interkatif, mulai dari yang sederhana sampai aplikasi web dinamis yang kompleks seperti CMS (content management system), E-commerce, Intranet CRM dan lain-lain

So Whats The Next Step?

Untuk Selanjutnya saya akan menjelaskan proses installasi ASP dan test membuat halaman ASP kita yang pertama.

Tidak ada komentar:

Advertise